Minggu

SEUCCO SEBUAH KOMUNITAS UNTUK MEMBANGUN DIRI MENJADI MANUSIA SEJATI



Siswa Sedes Sapientiae
Bertekad membangun diri
Berjuang untuk hari depan
…………………………………………..
Potongan lagu mars sedes di atas menunjukan bahwa setiap siswa di sekolah ini memiliki tujuan untuk membangun dirinya baik secara intelektual maupun keimanan. Siswa sedes juga terus menerus berjuang untuk masa depannya dengan menempa diri di sekolah ini. Proses pembangunan diri siswa tidak hanya melalui belajar ilmu-ilmu pengetahuan tetapi juga melalui kegiatan-kegiatan rohani sehingga terbentuklah pribadi yang utuh.
Seucco atau sedes eucarist community menjawab kebutuhan itu. Komunitas ini berusaha menjadi sarana bagi para siswa sedes untuk membangun diri pada sisi kerohanian. Mengajak seluruh siswa untuk membangun relasi yang baik dengan Allah dan sesama adalah salah satu tujuan dari komunitas ini. Komunitas ini memang tidak memiliki banyak anggota namun berusaha untuk terus menerus berarti bagi sekolah dan melayani dengan kesungguhan hati.
Komunitas ini diawali dari beberapa siswa yang sering bertugas misdinar di sekolah. Mereka yang sering bertugas kemudian berkumpul dan membentuk sebuah group di social media, dari sanalah kemudian komunitas ini terus berkembang hingga saat ini. Kalau sebelumnya hanya mereka yang bertugas misdinar maka sekarang semua siswa yang tertarik dalam kegiatan kerohanian dapat bergabung, baik itu lector, mazmur, ataupun paduan suara atau bahkan mereka yang hanya tertarik untuk berkegitan rohani saja. Semua yang memiliki kehendak baik dapat bergabung dalam komunitas ini.
Sebagai sebuah komunitas di sebuah sekolah katolik maka seucco memiliki visi membangun pribadi-pribadi muda yang beriman dan kuat didalam persaudaraan, bersedia berbagi cinta kasih Allah kepada sesama, kritis dan bertanggung jawab. salah satu proses mewujudkan visi itu adalah dengan berkumpul setiap hari kamis. Ketika berkumpul mereka dapat saling menguatkan, sharing bersama, diskusi tentang liturgy atau tugas-tugas menggereja, mempersiapkan untuk tugas ekaristi dan sebagainya. Selain pelayanan di dalam misa sekolah seucco juga pernah mengadakan jalan salib bersama untuk seluruh kelas pada saat masa prapaskah, saraehan untuk kelas xii dan ibadat app untu seluruh kelas xi, menjadi penyelenggara EKM di Gua Maria kerep Ambarawa pada sabtu minggu ke empat di bulan mei. Tiga orang anggota seucco bahkan pernah mengikuti lomba lector di sebuah paroki dan menjadi juara kedua dan ketiga. Untuk saat ini komunitas ini memang hanya berkegiatan di bidang kerohanian saja, kedepan harapannya komunitas ini dapat terus berkembang dan menjadi ruang belajar para siswa sedes yang ingin membangun diri secara utuh.
Seucco selalu membuka diri untuk semua orang yang berkehendak baik. Maka semua orang yang ingin terlibat, membari masukan atau apapun yang menjadikan seucco semakin berkualitas baik secara komunitas maupun pribadi-pribadi muda didalamnya diterima dengan baik. Harapan seucco adalah para siswa dapat membangun dirinya, memperjuangkan hari depan yang lebih baik dan menjadi menusia sejati yang penuh cunta dan pengabdian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar